Pinjaman BPKB Motor Solusi Dana Cepat

Pinjaman BPKB Motor, Solusi Tepat Dapatkan Dana Cepat

Pinjaman BPKB MotorPeluang untuk mengarasi kebutuhan dana tunai cepat yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengajukan pinjaman BPKB motor cepat.

Kebutuhan kadang tidak bisa ditunda. Ada yang datangnya mendadak ada juga yang bisa direncanakan pemenuhannya.

Apabila Anda memiliki kebutuhan mendesak yang harus segera dipenuhi dalam waktu dekat, namun di sisi lain Anda belum memiliki persiapan apapun dalam modal biaya pasti Anda akan kesulitan dalam menangani masalah keuangan tersebut.

Contohnya saja kebutuhan untuk berobat keluarga yang tiba-tiba jatuh sakit atau mengalami hal-hal yang tidak diinginkan, kebutuhan untuk biaya anak sekolah atau kuliah, modal besar untuk usaha, dan lain sebagainya.

Dalam kondisi seperti ini Anda harus bisa mendapatkan sejumlah dana dalam waktu yang singkat.

Jika meminjam ke keluarga dan saudara tidak memungkinkan, maka Anda harus mencari cara lain yang lebih efektif dan dapat memberikan dana tunai kepada Anda dalam waktu cepat sesuai kebutuhan Anda.

Apa itu Pinjaman BPKB Motor?

Pinjaman BPKB motor adalah sistem pinjaman untuk memberikan sejumlah dana tunai kepada nasabah dengan jaminan buku Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB).

Anda akan mendapatkan sejumlah dana tunai dalam waktu singkat dengan memberikan BPKB asli motor Anda kepada pihak pemberi pinjaman (kreditur) sebagai jaminan.

Kendaraan Anda tidak akan di tahan dan masih bisa Anda gunakan, hanya BPKB motor Anda yang di tahan oleh pihak pemberi pinjaman sebagai bentuk jaminan.

Pinjaman BPKB motor berupa kredit pinjaman, artinya Anda harus mencicil sejumlah uang setiap bulan atau menurut ketentuan yang telah disepakati selama batas waktu tertentu berdasarkan tenor atau jangka waktu pelunasan pinjaman.

Anda harus bisa membayar cicilan atau angsuran tersebut secara berkala dan tepat waktu.

Angsuran tersebut sudah termasuk besar angsuran pokok ditambah suku bunga yang telah ditetapkan pihak pemberi pinjaman yang telah disepakati bersama di awal pengajuan pinjaman.

Apabila Anda menunggak membayar cicilan dalam waktu tertentu atau tidak bisa membayar atau melunasi pinjaman Anda, maka sepeda motor Anda akan disita oleh pihak pemberi pinjaman untuk selanjutnya dilakukan lelang barang secara terbuka untuk publik.

Oleh karena itu, ajukanlah pinjaman yang benar-benar Anda butuhkan dan sesuai dengan kemampuan Anda.

Benarkah Pinjaman BPKB Motor itu Ada?

Pemberian pinjaman dana tunai secara cepat, aman dan terpercaya dengan jaminan BPKB Motor telah disediakan oleh banyak lembaga pembiayaan di Indonesia.

Anda bisa mengajukan pinjaman dengan jaminan BPKB motor ke pegadaian, bank maupun lembaga pembiayaan atau yang biasa dikenal dengan leasing yang telah banyak tersebar di seluruh Indonesia.

Apalagi di era yang semakin modern ini banyak dari mereka yang menyediakan pinjaman online dengan jaminan BPKB motor untuk memudahkan Anda dalam bertransaksi dan melakukan pengajuan pinjaman.

Banyak dari lembaga pembiayaan di Indonesia yang membuat situs atau website sampai aplikasi pengajuan pinjaman dengan agunan/jaminan BPKB motor, contohnya seperti aplikasi pegadaian digital, agen pegadaian syariah, BFI-Ku, Adira, dan sebagainya.

Dalam hal ini Anda hanya perlu memastikan bahwa perusahaan tersebut telah terdaftar dan mendapat izin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk melakukan kegiatan usaha pegadaian.

Namun, Anda perlu waspada karena maraknya perusahaan ilegal yang belum atau tidak terdaftar dan mendapat izin usaha pegadaian oleh OJK.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu apakah perusahaan pergadaian tersebut telah resmi terdaftar dan mendapat izin OJK sebelum akhirnya memutuskan untuk menggadaikan BPKB motor Anda di sana.

Berikut beberapa kriteria perusahaan pergadaian resmi yang bisa Anda perhatikan..

  1. Terdaftar dan berizin OJK
  2. Memiliki suku bunga pinjaman yang rendah atau kecil
  3. Menawarkan banyak kategori barang gadai
  4. Barang gadai akan diasuransikan
  5. Memiliki jasa penaksiran barang gadai yang tersertifikasi
  6. Barang yang digadaikan dapat ditebus kembali setelah pinjaman lunas.

Apakah Pinjaman BPKB Motor Aman?

Pinjaman BPKB motor Anda akan aman jika Anda melakukan proses pengajuan pinjaman ini kepada pegadaian, bank dan lembaga pembiayaan yang telah resmi terdaftar dan berizin di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Oleh karena itu, sebelum Anda mengajukan pinjaman BPKB motor ke suatu perusahaan pergadaian maka akan lebih baik Anda mencari tahu terlebih dahulu informasi dari tempat gadai yang akan Anda tuju untuk mengajukan pinjaman BPKB motor.

Pastikan perusahaan tersebut benar-benar telah resmi terdaftar dan berizin di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Tempat Pinjaman BPKB Motor

Jika Anda ingin mengajukan pinjaman dengan jaminan BPKB motor, maka beberapa tempat yang menyediakan pemberian pinjaman BPKB motor di Indonesia yang bisa Anda gunakan, antara lain sebagai berikut.

Pegadaian

Pegadaian merupakan badan usaha berstatus BUMN yang secara resmi bergerak dalam bidang keuangan, baik berupa pembiayaan maupun penyaluran dana kepada masyarakat berdasarkan hukum gadai.

Pegadaian bisa menjadi tempat yang tepat bagi Anda yang sedang membutuhkan dana cepat dengan mengajukan pinjaman melalui agunan/jaminan BPKB motor.

Anda bisa memilih apakah akan mengajukan pinjaman BPKB motor di pegadaian konvensional atau pegadaian syariah.

Jika Anda ingin mengajukan pinjaman yang sesuai dengan prinsip hukum Islam, maka Anda bisa memilih untuk mengajukan pinjaman di pegadaian syariah.

Di Pegadian Anda bisa memilih banyak produk penyaluran pinjaman sesuai dengan kebutuhan Anda. Pegadaian menawarkan beberapa produk pinjaman, antara lain seperti Kredit Cepat Aman (KCA), kreasi, kreasi multiguna, dan gadai fleksi; serta arrum dan Rahn untuk pegadaian syariah.

Selain itu, Anda juga tidak perlu khawatir karena pegadaian akan memberikan jaminan asuransi sehingga barang yang Anda gadaikan dalam keadaan aman.

Ketentuan dan Persyaratan Pinjaman BPKB Motor ke Pegadaian.

Berikut ketentuan dan persyaratan yang harus Anda siapkan sebelum mengajukan pinjaman BPKB motor ke pegadaian.

Ketentuan Pengajuan Pinjaman BPKB Motor di Pegadaian

  1. Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Berusia 21-60 tahun
  3. Telah bekerja selama minimal 1 tahun

Persyaratan Pengajuan Pinjaman BPKB Motor di Pegadaian

  1. Foto diri
  2. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan kartu identitas lainnya, seperti SIM/paspor pemohon dan pasangan (jika sudah menikah)
  3. Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  4. Fotokopi akta nikah (jika sudah menikah)
  5. Buku asli BPKB motor yang akan digadaikan
  6. Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan lembar pajak berlaku
  7. Foto barang jaminan, baik kendaraan maupun dokumen kepemilikan yang sah. Selain itu, bawalah kendaraan bermotor yang akan Anda gadaikan ke pegadaian untuk memperlihatkan wujud fisik kendaraan Anda secara langsung. Tenang saja, kendaraan Anda tidak akan ditahan. Hanya BPKB asli motor Anda yang ditahan sebagai jaminan.
  8. Foto tempat kerja
  9. Fotokopi izin praktek kerja atau surat keterangan kerja
  10. Fotokopi bukti kepemilikan tempat tinggal (khusus pegawai nonformal)
  11. Fotokopi Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) atau rekening listrik, telepon atau air (khusus pegawai nonformal)
  12. Dokumen penghasilan, seperti fotokopi buku tabungan atau rekening koran, slip gaji atau surat keterangan penghasilan.
  13. Fraktur pembelian

Demikian ketentuan dan persyaratan yang bisa Anda siapkan sebelum mengajukan pinjaman BPKB motor di pegadaian.

Namun, perlu diperhatikan juga bahwa persyaratan dokumen bisa berbeda tergantung jenis produk pegadaian yang Anda pilih dan ketentuannya masing-masing.

Pastinya persyaratan yang dibutuhkan tidak ribet dan dana yang Anda butuhkan akan cair dalam jangka waktu yang singkat.

Ketentuan dan persyaratan yang telah disebutkan di atas adalah syarat-syarat yang biasa di perlukan.

Produk Pegadaian untuk Pinjaman BPKB Motor

Kredit Cepat Aman (KCA)

Jika Anda ingin mendaptakan pinjaman secara mudah, cepat dan aman, maka produk KCA dapat menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.

Produk KCA ini ditujukan untuk semua golongan nasabah dan telah tersedia di lebih dari 4245 outlet pegadaian di seluruh Indonesia. Anda bisa mengajukan plafon pinjaman mulai dari Rp50.000 hingga Rp500.000.000 atau lebih dengan tenor atau jangka waktu peminjaman maksimal 4 bulan.

Menariknya, jangka waktu peminjaman ini dapat Anda perpanjang berkali-kali hanya dengan membayar sewa modal/bunga saja. Selain itu, di produk KCA dana yang Anda butuhkan akan cair dalam hitungan 15 menit saja dan dapat dilakukan pelunasan setiap saat.

Beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi untuk mengajukan pinjaman BPKB motor dengan produk KCA ini, antara lain fotokopi kartu identitas (KTP/SIM/paspor), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), dan BPKB asli motor Anda.

Setelah itu, nasabah hanya perlu menandatangani Surat Bukti Kredit (SBK).

Kreasi

Jika Anda merupakan pelaku usaha mikro atau UMKM  yang telah berjalan minimal 1 tahun dan sedang membutuhkan pinjaman dana tunai untuk pengembangan usaha, maka produk kreasi adalah pilihan yang tepat untuk Anda.

Produk kreasi merupakan produk pegadaian dengan sistem fidusia dimana Anda hanya perlu memberikan BPKB asli motor Anda, fotokopi STNK dan fraktur pembelian sebagai jaminan, sedangkan kendaraan bermotor tetap berada di tangan Anda dan bisa Anda gunakan untuk usaha.

Melalui produk kreasi Anda bisa mengajukan plafon pinjaman mulai dari Rp1.000.000 sampai Rp400.000 dengan tenor pinjaman mulai dari 12 bulan, 18bulan, 24 bulan hingga 36 bulan. Anda bisa mencicil pelunasan pinjaman dengan membayar angsuran tetap setiap bulan.

Untuk mengajukan pinjaman kreasi Anda harus memiliki usaha yang memenuhi kriteria kelayakan dan telah berjalan minimal 1 tahun.

Beberapa persyaratan yang diperlukan untuk mengajukan pinjaman BPKB motor dengan produk kreasi ini, antara lain fotokopi KTP, BPKB asli, fotokopi STNK, fraktur pembelian atau Bukti Pemilik Hak Tempat Berjualan (BPHTB), fotokopi Kartu Keluarga (KK), dan fotokopi akta nikah (jika sudah menikah).

Kreasi Multiguna

Produk kreasi multiguna merupakan fitur pegadaian kreasi online yang ditujukan kepada karyawan (tetap, perjanjian kerja waktu tertentu, honorer) dan non karyawan (profesional dan non formal) dengan memberikan kemudahan layanan sampai Rp100.000.000 dengan jaminan BPKB bermotor.

Produk kreasi multiguna tersedia di seluruh outlet pegadaian dengan proses pelayanan yang cepat. Anda bisa mengajukan pinjaman mulai dari Rp1.000.000 sampai dengan Rp100.000.000 dengan tenor pinjaman mulai dari 12 bulan, 18 bulan, 24 bulan hingga 36 bulan.

Sewa modal flat mulai dari 1,5% per bulan untuk plafon pinjaman mulai dari Rp1.000.000 hingga Rp10.000.000; 1,25% per bulan untuk plafon pinjaman mulai dari Rp10.100.000 hingga Rp50.000.000; dan 1,15% per bulan untuk plafon pinjaman mulai dari Rp50.100.000 hingga Rp100.000.000.

Untuk mengajukan pinjaman BPKB motor melalui produk kreasi multiguna persyaratan calon pemoho, antara lain WNI, berusia minimal 21 tahun dan maksimal 60 tahun, telah bekerja minimal 1 tahun, menyerahkan dokumen persyaratan berupa foto diri, fotokopi KTP pribadi dan pasangan (jika sudah menikah), foto barang jaminan (fisik kendaraan dan dokumen sah kepemilikan), foto tempat kerja, fotokopi izin praktek kerja/surat keterangan kerja/sejenisnya, fotokopi bukti kepemilikan tempat tinggal (khusus pekerja non formal), dan fotokopi Pajak Bumi dan Bangunan (PBB)/rekening listrik/telepon/air (khusus pekerja non formal).

Pembayaran angsuran bisa dilakukan melalui aplikasi pegadaian digital, agen pegadaian dan outlet pegadaian di seluruh Indonesia.

Gadai Fleksi

Jika Anda ingin mengajukan pinjaman dengan jangka waktu yang lebih fleksibel dengan sewa bunga yang dihitung harian maka produk pegadaian gadai fleksi ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.

Gadai fleksi merupakan inovasi dari KCA untuk lebih memudahkan nasabah.

Barang yang dapat digunakan sebagai jaminan antara lain perhiasan emas, emas batangan, kendaraan bermotor dan barang-barang elektronik.

Gadai fleksi menawarkan pengajuan pinjaman dengan tarif sewa modal atau bunga yang dihitung harian.

Dimulai dari tarif tetap 0,5% untuk lima hari pertama dan selanjutnya tarif harian sebesar 0,1% per hari.

Jangka waktu pelunasan pinjaman gadai fleksi ini dimulai dari 15 hari, 30 hari hingga maksimal 60 hari.

Jika kemuadian nasabah tidak mampu melunasi pinjaman sesuai jangka waktu peminjaman, maka akan dikenakan bunga berjalan hingga pinjamannya dilunasi.

Selain itu, biaya administrasi yang dikeluarkan juga terbilang kecil, hanya sebesar 1% dari uang pinjaman dan diambil pada waktu pelunasan.

Arrum

Produk Arrum merupakan produk pegadaian syariah yang ditujukan untuk pelaku usaha mikro yang memenuhi kriteria kelayakan usaha dan telah berjalan minimal 1 tahun.

Jika Anda merupakan pelaku usaha mikro yang sedang membutuhkan dana untuk pengembangan usaha dan ingin mengajukan pinjaman yang sesuai dengan prinsip hukum islam, maka produk Arrum bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.

Pembiayaan Arrum sangat memudahkan Anda untuk mendapatkan dana dengan jaminan BPKB.

Untuk mengajukan pinjaman BPKB motor dengan produk Arrum Anda harus memiliki usaha yang telah berjalan minimal 1 tahun.

Adapun beberapa persyaratan berkas dokumen yang diperlukan, antara lain fotokopi KTP, fotokopi Kartu Keluarga (KK), BPKB asli, STNK dan fraktur pembelian.

Kendaraan bermotor Anda tidak akan ditahan dan tetap bisa Anda gunakan.

Anda bisa mengajukan pinjaman dengan jangka waktu pengembalian mulai dari 12 bulan, 18 bulan, 24 bulan hingga 36 bulan.

Adapun proses pengajuan pinjaman Arrum ini membutuhkan waktu 3 hari kerja karena pihak pegadaian perlu melakukan survei tempat usaha dan mengecek wujud fisik kendaraan terlebih dahulu.

Cara Mengajukan Pinjaman BPKB Motor di Pegadaian

  1. Datanglah ke pegadaian terdekat dengan membawa dokumen persyaratan pengajuan pinjaman. Jangan lupa, bawalah kendaraan bermotor yang BPKB-nya akan Anda gadaikan sebagai wujud fisik kendaraan Anda.
  2. Sampaikan maksud dan tujuan Anda untuk melakukan pinjaman fidusia dengan jaminan BPKB motor. Dalam sistem fidusia, Anda hanya perlu menyerahkan BPKB asli, fotokopi STNK dan fraktur pembelian sebagai jaminan kredit, sedangkan kendaraan bermotor tetap ditangan Anda dan bisa Anda gunakan.
  3. Isi formulir pengajuan pinjaman yang disediakan dengan benar. Lengkapi dengan dokumen persyaratan yang dibutuhkan. Jika persyaratan telah lengkap, pengajuan pinjaman Anda akan diproses dalam 3 hari kerja. Jika kriteria Anda memenuhi, pengajuan pinjaman akan disetujui . Petugas akan menghubungi Anda dan memberi tahu info pencairan dana.
  4. Jika pengajuan pinjaman diterima, Anda akan diminta datang ke pegadaian untuk menandatangani surat perjanjian kredit sistem fidusia dan menyerahkan BPKB asli kendaraan bermotor Anda sebagai jaminan.
  5. Langkah terakhir, Anda hanya perlu membayar biaya administrasi yang besarnya biasanya 10% dari besar pinjaman. Anda bisa membayar biaya administrasi ini secara tunai atau dengan memotong pinjaman Anda. Setelah itu, nasabah akan mendapatkan dana pinjaman tunai.

Bank

Bank merupakan badan usaha yang bergerak dalam bidang keuangan yang berfungsi menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk tabungan serta menyalurkannya dalam bentuk kredit atau pinjaman maupun dalam bentuk lainnya dengan tujuan untuk meningkatkan taraf hidup orang banyak dan untuk memperlancar lalu lintas pembayaran.

Sebagai lembaga yang resmi bergerak dalam bidang keuangan, termasuk pembiayaan dengan menyalurkand dana dalam bentuk kredit pinjaman, maka bank bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda mengukan pinjaman.

Hanya saja, tidak seperti pegadaian yang memiliki banyak produk pinjaman yang bisa Anda pilih, biasanya bank hanya menyediakan satu jenis produk pinjaman saja.

Namun, Anda tetap bisa mengajukan pinjaman dengan jaminan BPKB motor Anda sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Ketentuan Pengajuan Pinjaman BPKB Motor di Bank

  1. Berusia lebih dari 21 tahun
  2. Maksimal 55 tahun dalam jangka waktu pelunasan
  3. Memiliki penghasilan, biasanya bank memiliki aturan tersendiri untuk besar penghasilan yang bisa di terima. Rata-rata sekitar Rp3.000.000 per bulan
  4. Memiliki pekerjaan atau penghasilan tetap sehingga bisa membayar angsuran
  5. Memenuhi persyaratan penialain bank

Persyaratan Pengajuan Pinjaman BPKB Motor di Bank

  1. Fotokopi KTP Anda dan pasangan (jika sudah menikah)
  2. BPKB asli dan fotokopi
  3. Fotokopi STNK dan lembar pajak berlaku
  4. Fotokopi KK
  5. Fotokopi akta nikah (jika sudah menikah)
  6. Foto diri berwarna dengan ukuran 4×6, ketentuan jumlah berdasarkan bank masing-masing
  7. Dokumen penghasilan, seperti fotokopi rekening tabungan atau slip gaji 3 bulan terakhir
  8. Fotokopi Surat Izin usaha bagi wirausaha
  9. Fotokopi surat keterangan kerja bagi karyawan

Tersebut merupakan ketentuan dan syarat untuk mengajukan pinjaman dengan jaminan BPKB motor di bank.

Meskipun demikian Anda juga harus memperhatikan dan mempersiapkan hal yang lain apabila diperlukan, hal ini karena beberapa bank memiliki ketentuan dan syarat lainnya yang mungkin berbeda, seperti ketentuan umur atau masa pakai kendaraan maupun persyaratan dokumen pendukung lainnya.

Ketentuan dan persyaratan yang telah disebutkan merupakan syarat yang biasa ditentukan oleh bank manapun untuk pengajuan pinjaman dengan agunan BPKB motor.

Tips Agar Pinjaman BPKB Motor Anda Disetujui Pihak Bank

Agar pengajuan pinjaman BPKB motor Anda disetujui oleh pihak bank, perhatikan hal-hal berikut.

  1. Penampilan Anda

Hal ini tidak bisa dipungkiri karena seseorang akan melihat penampilan kita untuk pertama kali. Oleh karena itu, berpakaianlah yang rapi dan ciptakan kesan yang baik saat menemui pihak bank.

  1. Argumentasi yang Kuat

Untuk meyakinkan pihak bank, Anda harus bisa memberikan argumen yang kuat bahwa Anda layak menerima pinjaman tersebut dan mampu untuk membayar angsuran tepat waktu.

  1. Memenuhi ketentuan dan persyaratan dokumen

Kelengkapan dokumen persyaratan menjadi nilai mutlak yang harus Anda perhatikan. Hal ini karena pihak bank akan melakukan penilaian apakah Anda termasuk kriteria yang bisa menerima pinjaman tersebut dari kelengkapan dokumen persyaratan yang Anda berikan. Pastikan dokumen tersebut asli dan dapat dibuktikan kebenarannya.

  1. Mudah dihubungi

Untuk lebih meyakinkan pihak bank, Anda harus menjalin komunikasi yang baik dan mudah untuk dihubungi. Jika Anda mengajukan pinjaman dengan alasan untuk pengembangan usaha, ada kemungkinan pihak bank akan melakukan survei usaha. Oleh karena itu, setidaknya Anda mudah dihubungi saat perwakilan dari bank akan melakukan survei ke lokasi usaha Anda.

  1. Memiliki riwayat yang baik di BI Checking

Hal yang harus Anda perhatikan adalah pihak bank tidak akan menerima nasabah dengan riwayat BI checking yang jelek. Jika Anda mendapat daftar hitam atau blacklist Bank Indonesia maka kemungkinan besar pengajuan pinjaman Anda tidak akan diterima oleh pihak bank.

Lembaga Pembiayaan/Leasing

Lembaga pembiayaan atau yang biasa dikenal dengan leasing adalah badan usaha yang melakukan kegiatan pembiayaan, baik dalam bentuk penyediaan dana ataupun barang modal. Di Indonesia telah banyak berdiri lembaga pembiayaan, termasuk yang memberikan pelayanan pengajuan kredit pinjaman dengan jaminan BPKB motor. Contoh lembaga pembiayaan yang menyediakan fitur pinjaman BPKB motor adalah BFI Finance, Adira, dan sebagainya. Hal yang perlu Anda perhatikan adalah memastikan bahwa lembaga pembiayaan yang akan Anda tuju telah resmi terdaftar dan mendapat izin usaha pegadaian oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Hal ini agar pinjaman BPKB motor Anda aman dan dapat dipertanggung jawabkan.

Ketentuan dan persyaratan pengajuan pinjaman BPKB motor di lembaga pembiayaan tidak jauh berbeda dengan syarat dan ketentuan pengajuan pinjaman di bank maupun di pegadaian, antara lain sebagai berikut.

  • Ketentuan Pengajuan Pinjaman BPKB Motor di Lembaga Pembiayaan
  1. Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Usia minimal 21 tahun atau sudah menikah
  3. Memiliki jaminan BPKB motor
  • Persyaratan Pengajuan Pinjaman BPKB Motor di Lembaga Pembiayaan
  1. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  2. KTP pasangan
  3. Kartu keluarga (KK)
  4. STNK dan lembar pajak berlaku
  5. Mutasi rekening
  6. NPWP
  7. Bukti tempat tinggal, seperti PBB domisili atau rekening listrik domisili
  8. Bukti bekerja/usaha
  9. Slip gaji 2 bulan terakhir/rekening 3 bulan terakhir

Demikian ketentuan dan persyaratan yang biasanya diperlukan untuk mengajukan pinjaman BPKB motor di lembaga pembiayaan. Beberapa lembaga pembiayaan mungkin memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda.

Daftar Perusahaan Gadai Ilegal Menurut OJK

Sebelum memutuskan untuk mengajukan pinjaman BPKB motor di suatu perusahaan pergadaian, akan lebih baik Anda mencari tahu terlebih dahulu dan memastikan bahwa perusahaan pergadaian tersebut merupakan perusahaan pergadaian yang telah resmi terdaftar dan berizin di OJK. Hal ini diperlukan agar pinjaman BPKB motor Anda aman dan dapat dipertanggung jawabkan. Berikut ciri-ciri perusahaan pergadaian ilegal menurut OJK.

  1. Tidak mampu menunjukkan izin usaha pegadaian atau keterangan telah terdaftar secara resmi di OJK sebagai lembaga pembiayaan
  2. Menawarkan pinjaman dengan suku bunga yang tinggi untuk keuntungan perusahaaan
  3. Barang gadai tidak diasuransikan untuk menekan biaya operasional perusahaan
  4. Tidak memiliki tempat penyimpanan barang gadai.
  5. Penaksiran harga barang gadai yang tidak profesional dan cenderung merugikan nasabah atau debitur
  6. Surat bukti gadai yang tidak terstandar
  7. Apabila barang gadai akhirnya dilelangkan, uang hasil lelang barang tidak transparan.

Adapun, pelaku usaha gadai ilegal menurut OJK per september 2020,  yang telah dikelompokkan berdasarkan provinsi antara lain:

Pelaku Usaha Gadai Ilegal di Sumatera Utara

  1. Permata Gadai di Medan
  2. Grand Gadai di Medan
  3. Ricky Gadai di Medan
  4. Raja Gadai di Medan
  5. Bersama Gadai di Medan
  6. Indotech di Medan
  7. Karunia Gadai di Medan
  8. Berkat Gadai di Medan
  9. Ombar Gadai 1 di Medan
  10. Ombar Gadai 2 di Medan
  11. Ota Jaya Gadai di Medan
  12. Gadai Marelan di Medan
  13. Metro HP di Medan
  14. Robin HP di Medan
  15. Star Gadai di Medan
  16. Sari Gadai di Medan
  17. Bos Gadai di Medan
  18. PT Mars Gadai di Medan

Pelaku Usaha Gada Ilegal di DKI Jakarta

  1. Anton Cell di Jakarta Timur
  2. Bintang Cell di Jakarta Timur
  3. Cellular Gadai di Jakarta Timur
  4. Ridoi Cell di Jakarta Timur
  5. Star Cellular Gadai Syariah di Jakarta Timur
  6. KSP Mitra Andalan Jaya Utama di Jakarta Barat
  7. Toko Gadai/Koperasi Trikarya Dana Sejahtera di Jakarta Utara

Pelaku Usaha Gada Ilegal di Jawa Barat

  1. Can Cellular di Bekasi
  2. Central Gadai Niaga di Bekasi
  3. Favorite Ponsel di Bekasi
  4. Gadai Electronic (MC)/CV Mutiara Computindo di Bekasi
  5. Gadai Elektronik di Bekasi
  6. Happy Ponsel di Bekasi
  7. New Cell di Bekasi
  8. Pelangi Ponsel di Bekasi
  9. Queens Cell di Bekasi
  10. SM Ponselindo di Bekasi
  11. Jaya Gadai di Depok
  12. Koperasi Dana Pinjaman Mandiri Sejahtera di Bogor
  13. Tom Cell di Bogor

Pelaku Usaha Gada Ilegal di Banten

  1. Zay Cell di Tangerang Selatan

Pelaku Usaha Gada Ilegal di Nusa Tenggara Barat

  1. PT Gadai Cahaya Terang Abadi di Lombok Tengah
  2. PT Gadai Eva Grup di Mataram
  3. PT Mitra Gadai Mataram di Mataram
  4. PT Anugerah Gadai di Mataram
  5. PT Nuspen Gadai Elektronik di Mataram
  6. PT Gadai Royal Grup di Mataram
  7. PT Raden Gadai/Raden Cell di Mataram
  8. L’Vina di Mataram
  9. Akuwa Cell di Mataram
  10. Aufar Laundry di Mataram
  11. UD Qewa Penamat di Sumbawa Barat

Pinjaman BPKB Motor yang Terdaftar di OJK

Daftar perusahaan pergadaian yang telah terdaftar dan berizin di OJK per 31 Agustus 2020, antara lain, sebagai berikut.

Perusahaan Pergadaian Pemerintah

Perusahaan pergadaian milik pemerintah yang resmi terdaftar dan berizin di OJK adalah PT Pegadaian (Persero). Dasar hukum yang mendasari yaitu Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 51 Tahun 2011 tentang Perubahan Badan Hukum Perum Pegadaian menjadi Perusahaan Perseroan (Persero) Tanggal 13 Desember 2011. PT Pegadaian yang berkedudukan di Jalan Kramat Raya 162 ini telah menerima status memperoleh izin usaha dari OJK.

Perusahaan Pergadaian Swasta

Perusahaan pergadaian swasta yang telah resmi terdaftar di OJK, antara lain sebagai berikut.

  • Nama perusahaan : PT HBD Gadai Nusantara

Dasar Hukum yang Mendasari        : KEP-100/D.05/2016 tanggal 16

Desember 2016

Status                                                   : Memperoleh Izin Usaha

Kedudukan                                          : Kota Jakarta Timur

  • Nama perusahaan : PT Gadai Pinjam Indonesia

Dasar Hukum yang Mendasari        : KEP-4/D.05/2017 tanggal 13

Februari 2017

Status                                                   : Memperoleh Izin Usaha

Kedudukan                                          : Kota Jakarta Selatan

  • Nama perusahaan : PT Sarana Gadai Prioritas

Dasar Hukum yang Mendasari        : KEP-13/D.05/2017 tanggal 8 Maret

2017

Status                                                   : Memperoleh Izin Usaha

Kedudukan                                          : Kota Jakarta Pusat

  • Nama perusahaan : PT Mitra Gadai Sejahtera Kepri (d/h

PT Pegadaian Mitra Kepri)

Dasar Hukum yang Mendasari        : KEP-77/D.05/2017 tanggal 31

Agustus 2017

Status                                                   : Memperoleh Izin Usaha

Kedudukan                                          : Kota Batam

  • Nama perusahaan : PT Sili Gadai  Nusantara

Dasar Hukum yang Mendasari        : KEP-1/D.05/2018 tanggal 17 Januari

2018

Status                                                   : Memperoleh Izin Usaha

Kedudukan                                          : Kota Surabaya

  • Nama perusahaan : PT Jawa Barat Gadai

Dasar Hukum yang Mendasari        : KEP-8/D.05/2018 tanggal 7 Februari

2018

Status                                                   : Memperoleh Izin Usaha

Kedudukan                                          : Kota Bekasi

  • Nama perusahaan : PT Pergadaian Dana Sentosa

Dasar Hukum yang Mendasari        : KEP-20/NB.1/2018 tanggal 9 April

2018

Status                                                   : Memperoleh Izin Usaha

Kedudukan                                          : Kota Yogyakarta

  • Nama perusahaan : PT Sahabat Gadai Sejati

Dasar Hukum yang Mendasari        : KEP-21/NB.1/2018 tanggal 9 April

2018

Status                                                   : Memperoleh Izin Usaha

Kedudukan                                          : Kota Bandung

  • Nama perusahaan : PT Gadai Mitra Rakyat

Dasar Hukum yang Mendasari        : KEP-40/NB.1/2018 tanggal 6 Juni

2018

Status                                                   : Memperoleh Izin Usaha

Kedudukan                                          : Kota Bekasi

  • Nama perusahaan : PT Pondok Gadai Indonesia

Dasar Hukum yang Mendasari        : KEP-45/NB.1/2018 tanggal 20 Juli

2018

Status                                                   : Memperoleh Izin Usaha

Kedudukan                                          : Kota Jakarta Utara

  • Nama perusahaan : PT Indogold Solusi Gadai

Dasar Hukum yang Mendasari        : KEP-50/NB.1/2018 tanggal 16

Agustus 2018

Status                                                   : Memperoleh Izin Usaha

Kedudukan                                          : Kota Tangerang

  • Nama perusahaan : PT GDC Solusi Gadai

Dasar Hukum yang Mendasari        : KEP-49/NB.1/2018 tanggal 16

Agustus 2018

Status                                                   : Memperoleh Izin Usaha

Kedudukan                                          : Kota Surabaya

  • Nama perusahaan : PT Gadai Cipta Peluang

Dasar Hukum yang Mendasari        : KEP-52/NB.1/2018 tanggal 14

September 2018

Status                                                   : Memperoleh Izin Usaha

Kedudukan                                          : Kota Jakarta Selatan

  • Nama perusahaan : PT Rumah Gadai Jakarta

Dasar Hukum yang Mendasari        : KEP-53/NB.1/2018 tanggal 17

September 2018

Status                                                   : Memperoleh Izin Usaha

Kedudukan                                          : Kota Jakarta Selatan

  • Nama perusahaan : PT Solusi Gadai Mandiri

Dasar Hukum yang Mendasari        : KEP-54/NB.1/2018 tanggal 28

September 2018

Status                                                   : Memperoleh Izin Usaha

Kedudukan                                          : Kota Bandung

  • Nama perusahaan : PT DPM Gadai Sejahtera

Dasar Hukum yang Mendasari        : KEP-63/NB.1/2018 tanggal 1

November 2018

Status                                                   : Memperoleh Izin Usaha

Kedudukan                                          : Kota Bogor

  • Nama perusahaan : PT Sinar Gadai Pratama

Dasar Hukum yang Mendasari        : KEP-64/NB.1/2018 tanggal 12

November 2018

Status                                                   : Memperoleh Izin Usaha

Kedudukan                                          : Kota Semarang

  • Nama perusahaan : PT Gadai Lestari Jaya

Dasar Hukum yang Mendasari        : KEP-5/NB.1/2019 tanggal Februari

2019

Status                                                   : Memperoleh Izin Usaha

Kedudukan                                          : Kota Surabaya

  • Nama perusahaan : PT Asli Gadai Sejahtera

Dasar Hukum yang Mendasari        : KEP-8/NB.1/2019 tanggal 25 Maret

2019

Status                                                   : Memperoleh Izin Usaha

Kedudukan                                          : Kota Batam

  • Nama perusahaan : PT Gadai Dwijaya Utama

Dasar Hukum yang Mendasari        : KEP-9/NB.1/2019 tanggal 5 April

2019

Status                                                   : Memperoleh Izin Usaha

Kedudukan                                          : Cirebon

  • Nama perusahaan : PT Rumah Gadai Jabar

Dasar Hukum yang Mendasari        : KEP-15/NB.1/2019 tanggal 29 April

2019

Status                                                   : Memperoleh Izin Usaha

Kedudukan                                          : Kota Bandung

  • Nama perusahaan : PT Gadai Langgeng Jaya

Dasar Hukum yang Mendasari        : KEP-16/NB.1/2019 tanggal 3 Mei

2019

Status                                                   : Memperoleh Izin Usaha

Kedudukan                                          : Kota Jakarta Barat

  • Nama perusahaan : PT Gadai Cahaya Dana Abadi

Dasar Hukum yang Mendasari        : KEP-17/NB.1/2019 tanggal 13 Mei

2019

Status                                                   : Memperoleh Izin Usaha

Kedudukan                                          : Kabupaten Bandung

  • Nama perusahaan : PT Gadai Emas Kresno Andalan

Dasar Hukum yang Mendasari        : KEP-32/NB.1/2019 tanggal  27

September 2019

Status                                                   : Memperoleh Izin Usaha

Kedudukan                                          : Kota Tegal

  • Nama perusahaan : PT Gadai Sukses Aneka Mulia Jabar

Dasar Hukum yang Mendasari        : KEP-41/NB.1/2019 tanggal 18

November 2019

Status                                                   : Memperoleh Izin Usaha

Kedudukan                                          : Kota Bogor

  • Nama perusahaan : PT Gadai Mandiri Agung

Dasar Hukum yang Mendasari        : KEP-42/NB.1/2019 tanggal 19

November 2019

Status                                                   : Memperoleh Izin Usaha

Kedudukan                                          : Kota Semarang

  • Nama perusahaan : PT Nusa Gadai Mandiri

Dasar Hukum yang Mendasari        : KEP-43/NB.1/2019 tanggal 28

November 2019

Status                                                   : Memperoleh Izin Usaha

Kedudukan                                          : Kota Jakarta Barat

  • Nama perusahaan : PT Rumah Gadai Banten

Dasar Hukum yang Mendasari        : KEP-45/NB.1/2019 tanggal 29

November 2019

Status                                                   : Memperoleh Izin Usaha

Kedudukan                                          : Kota Tangerang

  • Nama perusahaan : PT Ijab Gadai Indonesia

Dasar Hukum yang Mendasari        : KEP-47/NB.1/2019 tanggal 16

Desember 2019

Status                                                   : Memperoleh Izin Usaha

Kedudukan                                          : Kota Semarang

  • Nama perusahaan : PT Gadai Mas DKI

Dasar Hukum yang Mendasari        : KEP-49/NB.1/2019 tanggal 18

Desember 2019

Status                                                   : Memperoleh Izin Usaha

Kedudukan                                          : Kota Jakarta Timur

  • Nama perusahaan : PT Sentral Gadai Persada

Dasar Hukum yang Mendasari        : KEP-53/NB.1/2019 tanggal 27

Desember 2019

Status                                                   : Memperoleh Izin Usaha

Kedudukan                                          : Kota Medan

  • Nama perusahaan : PT Indonesia Gadai Oke

Dasar Hukum yang Mendasari        : KEP-54/NB.1/2019 tanggal 27

Desember 2019

Status                                                   : Memperoleh Izin Usaha

Kedudukan                                          : Kota Medan

  • Nama perusahaan : PT Gadai Ogan Baru

Dasar Hukum yang Mendasari        : KEP-55/NB.1/2019 tanggal 27

Desember 2019

Status                                                   : Memperoleh Izin Usaha

Kedudukan                                          : Kota Medan

  • Nama perusahaan : PT Gadai Mas Bali

Dasar Hukum yang Mendasari        : KEP-9/NB.1/2020 tanggal 27

Januari 2020

Status                                                   : Memperoleh Izin Usaha

Kedudukan                                          : Denpasar

  • Nama perusahaan : PT Gadai Senyum Sukacita

Dasar Hukum yang Mendasari        : KEP-6/NB.1/2020 tanggal 27

Januari 2020

Status                                                   : Memperoleh Izin Usaha

Kedudukan                                          : Kota Medan

  • Nama perusahaan : PT Pusat Gadai Indonesia

Dasar Hukum yang Mendasari        : KEP-10/NB.1/2020 tanggal 31

Januari 2020

Status                                                   : Memperoleh Izin Usaha

Kedudukan                                          : Kota Jakarta Barat

  • Nama perusahaan : PT Budi Gadai Indonesia

Dasar Hukum yang Mendasari        : KEP-14/NB.1/2020 tanggal 10 Maret

2020

Status                                                   : Memperoleh Izin Usaha

Kedudukan                                          : Kota Medan

  • Nama perusahaan : PT Gadai Mas NTB

Dasar Hukum yang Mendasari        : KEP-15/NB.1/2020 tanggal 10 Maret

2020

Status                                                   : Memperoleh Izin Usaha

Kedudukan                                          : Kota Mataram

  • Nama perusahaan : PT Gadai Mas Kaltim

Dasar Hukum yang Mendasari        : KEP-17/NB.1/2020  tanggal 19

Maret 2020

Status                                                   : Memperoleh Izin Usaha

Kedudukan                                          : Provinsi Kalimantan Timur

  • Nama perusahaan : PT Startech Gadai Hastadharana

Dasar Hukum yang Mendasari        : KEP-18/NB.1/2020 tanggal 27 Maret

2020

Status                                                   : Memperoleh Izin Usaha

Kedudukan                                          : Kota Semarang

  • Nama perusahaan : PT Awi Gadai Jogja

Dasar Hukum yang Mendasari        : KEP-19/NB.1/2020 tanggal 27 Maret

2020

Status                                                   : Memperoleh Izin Usaha

Kedudukan                                          : Kabupaten Sleman

  • Nama perusahaan : PT Gadai Murah Jogja

Dasar Hukum yang Mendasari        : KEP-25/NB.1/2020 tanggal 3 April

2020

Status                                                   : Memperoleh Izin Usaha

Kedudukan                                          : Kabupaten Bantul

  • Nama perusahaan : PT Gadai Mas Sulsel

Dasar Hukum yang Mendasari        : KEP-26/NB.1/2020 tanggal 7 April

2020

Status                                                   : Memperoleh Izin Usaha

Kedudukan                                          : Kota Makassar

  • Nama perusahaan : PT Gadai Lancar Jaya

Dasar Hukum yang Mendasari        : KEP-111/NB.1/2020 tanggal 9 Juli

2020

Status                                                   : Memperoleh Izin Usaha

Kedudukan                                          : Kota Denpasar

  • Nama perusahaan : PT Cipta Dana Gadai

Dasar Hukum yang Mendasari        : KEP-140/NB.1/2020 tanggal 23 Juli

2020

Status                                                   : Memperoleh Izin Usaha

Kedudukan                                          : Kota Bandung

  • Nama perusahaan : PT Gadai Murni Artha

Dasar Hukum yang Mendasari        : KEP-142/NB.1/2020 tanggal 6

Agustus 2020

Status                                                   : Memperoleh Izin Usaha

Kedudukan                                          : Sidoarjo

  • Nama perusahaan : PT Mas Agung Sejahtera

Dasar Hukum yang Mendasari        : S-1857/NB.111/2017 tanggal 27

April 2017

Status                                                   : Terdaftar dan Sedang Memproses

Izin Usaha

Kedudukan                                          : Kota Jakarta Utara

  • Nama perusahaan : PT Svaraputra Penjuru Vijaya

Dasar Hukum yang Mendasari        : S-4565/NB.111/2017 tanggal 22

September 2017

Status                                                   : Terdaftar dan Sedang Memproses

Izin Usaha

Kedudukan                                          : Kota Tangerang

  • Nama perusahaan : PT Persada Arihta Mandiri

Dasar Hukum yang Mendasari        : S-5108/NB.111/2017 tanggal 18

Oktober 2017

Status                                                   : Terdaftar dan Sedang Memproses

Izin Usaha

Kedudukan                                          : Kota Medan

  • Nama perusahaan : Solusi Gadai

Dasar Hukum yang Mendasari        : S-5147/NB.111/2017 tanggal 19

Oktober 2017

Status                                                   : Terdaftar dan Sedang Memproses

Izin Usaha

Kedudukan                                          : Kota Jakarta Pusat

  • Nama perusahaan : CV Prima Perkasa

Dasar Hukum yang Mendasari        : S-1808/NB.111/2018 tanggal 4 April

2018

Status                                                   : Terdaftar dan Sedang Memproses

Izin Usaha

Kedudukan                                          : Kota Semarang

  • Nama perusahaan : Mari Gadai (Pendaftaran/

rekomendasi KR V)

Dasar Hukum yang Mendasari        : S-3587/NB.111/2018 tanggal 16 Juli

2018

Status                                                   : Terdaftar dan Sedang Memproses

Izin Usaha

Kedudukan                                          : Kota Medan

  • Nama perusahaan : Dotri Gadai

Dasar Hukum yang Mendasari        : 16/NB.111/TBT-PUP/2018 tanggal

10 Agustus 2018

Status                                                   : Terdaftar dan Sedang Memproses

Izin Usaha

Kedudukan                                          : Kota Medan

  • Nama perusahaan : Ginting Gadai

Dasar Hukum yang Mendasari        : 15/NB.111/TBT-PUP/2018 tanggal

10 Agustus 2018

Status                                                   : Terdaftar dan Sedang Memproses

Izin Usaha

Kedudukan                                          : Kota Medan

  • Nama perusahaan : Nimfa Gadai

Dasar Hukum yang Mendasari        : 14/NB.111/TBT-PUP/2018 tanggal

10 Agustus 2018

Status                                                   : Terdaftar dan Sedang Memproses

Izin Usaha

Kedudukan                                          : Kota Medan

  • Nama perusahaan : Bless Gadai

Dasar Hukum yang Mendasari        : 11/NB.111/TBT-PUP/2018 tanggal

10 Agustus 2018

Status                                                   : Terdaftar dan Sedang Memproses

Izin Usaha

Kedudukan                                          : Kota Medan

  • Nama perusahaan : PT Gadai Bagong Sejahtera

Dasar Hukum yang Mendasari        : 17/NB.111/TBT-PUP/2018 tanggal

15 Agustus 2018

Status                                                   : Terdaftar dan Sedang Memproses

Izin Usaha

Kedudukan                                          : Kabupaten Banyumas

  • Nama perusahaan : Koperasi Citra Bella Sarana

Dasar Hukum yang Mendasari        : 18/NB.111/TBT-PUP/2018 tanggal

21 Agustus 2018

Status                                                   : Terdaftar dan Sedang Memproses

Izin Usaha

Kedudukan                                          : Tasikmalaya

  • Nama perusahaan : PT Pegadaian Eva Grup

Dasar Hukum yang Mendasari        : 20/NB.111/TBT-PUP/2018 tanggal

23 Agustus 2018

Status                                                   : Terdaftar dan Sedang Memproses

Izin Usaha

Kedudukan                                          : Kota Mataram

  • Nama perusahaan : MazPram Gadai

Dasar Hukum yang Mendasari        : 21/NB.111/TBT-PUP/2018 tanggal

28 Agustus 2018

Status                                                   : Terdaftar dan Sedang Memproses

Izin Usaha

Kedudukan                                          : Kota Yogyakarta

  • Nama perusahaan : PT Eka Pesona Abadi

Dasar Hukum yang Mendasari        : 22/NB.111/TBT-PUP/2018 tanggal 3

September 2018

Status                                                   : Terdaftar dan Sedang Memproses

Izin Usaha

Kedudukan                                          : Bogor

  • Nama perusahaan : PT Surya Gadai Prima

Dasar Hukum yang Mendasari        : 24/NB.111/TBT-PUP/2018 tanggal

28 September 2018

Status                                                   : Terdaftar dan Sedang Memproses

Izin Usaha

Kedudukan                                          : Kota Surabaya

  • Nama perusahaan : UD Firdana

Dasar Hukum yang Mendasari        : 25/NB.111/TBT-PUP/2018 tanggal

28 September 2018

Status                                                   : Terdaftar dan Sedang Memproses

Izin Usaha

Kedudukan                                          : Kota Malang

  • Nama perusahaan : Koperasi Rizky Abadi

Dasar Hukum yang Mendasari        : 26/NB.111/TBT-PUP/2018 tanggal 2

Oktober 2018

Status                                                   : Terdaftar dan Sedang Memproses

Izin Usaha

Kedudukan                                          : Kota Bandung

  • Nama perusahaan : Koperasi Bangun Citra Mandiri

Dasar Hukum yang Mendasari        : 27/NB.111/TBT-PUP/2018 tanggal 5

Oktober 2018

Status                                                   : Terdaftar dan Sedang Memproses

Izin Usaha

Kedudukan                                          : Kota Jakarta Timur

  • Nama perusahaan : PT Gadaiku Pasti Jaya

Dasar Hukum yang Mendasari        : 29/NB.111/TBT-PUP/2018 22

Oktober 2018

Status                                                   : Terdaftar dan Sedang Memproses

Izin Usaha

Kedudukan                                          : Kota Surabaya

  • Nama perusahaan : Koperasi Manfaat Bersama

Dasar Hukum yang Mendasari        : 1/NB.11/TBT-PUP/2018 tanggal 26

November 2018

Status                                                   : Terdaftar dan Sedang Memproses

Izin Usaha

Kedudukan                                          : Kota Bandung

  • Nama perusahaan : KSU Bintang Timur

Dasar Hukum yang Mendasari        : 2/NB.11/TBT-PUP/2018 tanggal 26

November 2018

Status                                                   : Terdaftar dan Sedang Memproses

Izin Usaha

Kedudukan                                          : Jember

  • Nama perusahaan : Gadai Putra Salomo

Dasar Hukum yang Mendasari        : 3/NB.11/TBT-PUP/2018 tanggal 26

November 2018

Status                                                   : Terdaftar dan Sedang Memproses

Izin Usaha

Kedudukan                                          : Jember

  • Nama perusahaan : Barokah Gadai Sejahtera

Dasar Hukum yang Mendasari        : 4/NB.11/TBT-PUP/2018 tanggal 26

November 2018

Status                                                   : Terdaftar dan Sedang Memproses

Izin Usaha

Kedudukan                                          : Jember

  • Nama perusahaan : Mangun Jaya Gadai

Dasar Hukum yang Mendasari        : 5/NB.11/TBT-PUP/2018 tanggal 26

November 2018

Status                                                   : Terdaftar dan Sedang Memproses

Izin Usaha

Kedudukan                                          : Jember

  • Nama perusahaan : Gadai Hinalang Jaya

Dasar Hukum yang Mendasari        : 6/NB.11/TBT-PUP/2018 tanggal 26

November 2018

Status                                                   : Terdaftar dan Sedang Memproses

Izin Usaha

Kedudukan                                          : Jember

  • Nama perusahaan : Bonar Jaya Gadai

Dasar Hukum yang Mendasari        : 7/NB.11/TBT-PUP/2018 tanggal 26

November 2018

Status                                                   : Terdaftar dan Sedang Memproses

Izin Usaha

Kedudukan                                          : Jember

  • Nama perusahaan : Koperasi Cahaya Jaya

Dasar Hukum yang Mendasari        : 8/NB.11/TBT-PUP/2018 tanggal 26

November 2018

Status                                                   : Terdaftar dan Sedang Memproses

Izin Usaha

Kedudukan                                          : Jember

  • Nama perusahaan : Kembar Gadai (Sdr. Lilis Agustina

Panjaitan)

Dasar Hukum yang Mendasari        : 11/NB.11/TBT-PUP/2018 tanggal 29

November 2018

Status                                                   : Terdaftar dan Sedang Memproses

Izin Usaha

Kedudukan                                          : Malang

  • Nama perusahaan : Kertaraharja Gadai (Sdr. Egipson

Hutabarat)

Dasar Hukum yang Mendasari        : 12/NB.11/TBT-PUP/2018 tanggal 29

November 2018

Status                                                   : Terdaftar dan Sedang Memproses

Izin Usaha

Kedudukan                                          : Malang

  • Nama perusahaan : Arta Gadai (Sdr. Saur Bungaran

Sinaga)

Dasar Hukum yang Mendasari        : 13/NB.11/TBT-PUP/2018 tanggal 29

November 2018

Status                                                   : Terdaftar dan Sedang Memproses

Izin Usaha

Kedudukan                                          : Malang

  • Nama perusahaan : Mangun’s Jaya Gadai (Sdr. Hendrik

Pandapotan S)

Dasar Hukum yang Mendasari        : 14/NB.11/TBT-PUP/2018 tanggal 29

November 2018

Status                                                   : Terdaftar dan Sedang Memproses

Izin Usaha

Kedudukan                                          : Malang

  • Nama perusahaan : Gemah Ripah Gadai (Sdr. Hiras

Sepril Marcos S)

Dasar Hukum yang Mendasari        : 15/NB.11/TBT-PUP/2018 tanggal 29

November 2018

Status                                                   : Terdaftar dan Sedang Memproses

Izin Usaha

Kedudukan                                          : Malang

  • Nama perusahaan : Maju Bersama (Sdr. Helena

Sidabutar)

Dasar Hukum yang Mendasari        : 16/NB.11/TBT-PUP/2018 tanggal 29

November 2018

Status                                                   : Terdaftar dan Sedang Memproses

Izin Usaha

Kedudukan                                          : Probolinggo

  • Nama perusahaan : Aldi

Dasar Hukum yang Mendasari        : 18/NB.11/TBT-PUP/2018 tanggal 29

November 2018

Status                                                   : Terdaftar dan Sedang Memproses

Izin Usaha

Kedudukan                                          : Probolinggo

  • Nama perusahaan : Bedjo Gadai (Sdr. Henny Suriani

Siburian)

Dasar Hukum yang Mendasari        : 19/NB.11/TBT-PUP/2018 tanggal 29

November 2018

Status                                                   : Terdaftar dan Sedang Memproses

Izin Usaha

Kedudukan                                          : Malang

  • Nama perusahaan : Martua

Dasar Hukum yang Mendasari        : 21/NB.11/TBT-PUP/2018 tanggal 29

November 2018

Status                                                   : Terdaftar dan Sedang Memproses

Izin Usaha

Kedudukan                                          : Malang

  • Nama perusahaan : UD MMT

Dasar Hukum yang Mendasari        : 33/NB.111/TBT-PUP/2018 tanggal

12 Desember 2018

Status                                                   : Terdaftar dan Sedang Memproses

Izin Usaha

Kedudukan                                          : Malang

  • Nama perusahaan : KSP Karunia Sejahtera Pratama

Dasar Hukum yang Mendasari        : 34/NB.111/TBT-PUP/2018 tanggal

14 Desember 2018

Status                                                   : Terdaftar dan Sedang Memproses

Izin Usaha

Kedudukan                                          : Kota Jakarta Selatan

  • Nama perusahaan : PT Rumah Titip Gadai

Dasar Hukum yang Mendasari        : 1/NB.111/TBT-PUP/2019 tanggal 12

April 2019

Status                                                   : Terdaftar dan Sedang Memproses

Izin Usaha

Kedudukan                                          : Kota Tangerang Selatan

Cara Mengajukan Pinjaman BPKB Motor Lewat Tokopedia

Pada zaman sekarang ini, pengajuan pinjaman BPKB motor tidak hanya dilakukan dengan datang langsung ke perusahaan pergadaian, tetapi juga bisa dilakukan secara online, salah satunya lewat aplikasi Tokopedia.

Selain sebagai platform e-commerce, Tokopedia juga telah berkembang menjadi lembaga non-bank yang telah bekerja sama dengan berbagai mitra pemberi pinjaman yang telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga terjamin keamanannya.

Pinjaman online Tokopedia merupakan pinjaman yang bisa dilakukan hanya melalui aplikasi Tokopedia tanpa datang langsung ke bank atau lembaga pembiayaan.

Pinjaman online Tokopedia dapat didapatkan, baik dengan jaminan maupun tanpa jaminan secara mudah dan praktis. Anda juga bisa mengajukan pinjaman yang Anda butuhkan dengan jaminan/agunan BPKB motor.

Bahkan, Anda bisa memilih sendiri mitra yang ingin Anda ajukan pinjaman.

Selain itu, proses pembayarannya juga sangat mudah yang dapat dilakukan melalui semua bank, baik BRI, BNI, Mandiri ataupun bank lainnya dengan cara mentransfer dana tagihan ke rekening virtual account yang bisa dicek melalui dasboard financial Anda dimenu cara pembayaran.

Berikut langkah-langkah cara mengajukan pinjaman BPKB motor di Tokopedia.

  1. Download aplikasi Tokopedia di smartphone Anda melalui playstore
  2. Buat akun Tokopedia dengan email atau nomor telepon Anda
  3. Login ke aplikasi Tokopedia menggunakan akun Anda, pastikan akun Anda telah terverifikasi
  4. Buka menu home
  5. Pilih Investasi Asuransi dan Pinjaman
  6. Pilih Pinjaman Online
  7. Klik Pinjaman Online Agunan BPKB motor
  8. Pilih mitra pemberi pinjaman yang Anda inginkan
  9. Klik ajukan pinjaman dan lengkapilah dokumen syarat pendaftaran, antara lain meliputi:
  10. Detail pinjaman: jumlah pinjaman, periode pinjaman, dan kategori pinjaman.
  11. Informasi Pribadi: kota tempat tinggal saat ini, tanggal lahir, dan kepemilikan kartu kredit. Tenang saja, di Tokopedia Anda tetap bisa mengajukan pinjaman meskipun tidak atau belum memiliki kartu kredit.
  12. Informasi Pekerjaan: pekerjaan Anda (karyawan, wiraswasta atau profesional), besar penghasilan per bulan.
  13. Kepemilikan aset sebagai jaminan.
  14. Klik Terapkan, kemudian akan muncul berbagai mitra yang menyediakan pinjaman BPKB motor yang Anda butuhkan beserta estimasi besar cicilan per bulannya. Silakan pilih salah satu mitra yang Anda inginkan kemudian klik ajukan.
  15. Upload semua persyaratan dokumen yang diminta
  16. Tunggu 1-3 hari kerja. Pengajuan pinjaman Anda akan segera diproses. Jika semua syarat dan ketentuan terpenuhi, pinjaman Anda akan segera cair dan bisa digunakan.

Tips Agar Pinjaman BPKB Motor di Acc

Agar proses pengajuan pinjaman dengan jaminan BPKB motor Anda diterima oleh kreditur atau pihak pemberi pinjaman, maka Anda harus bisa melengkapi semua ketentuan dan persyaratan pengajuan pinjaman dengan benar dan jujur.

Biasanya pihak kreditur akan melakukan analisa kelayakan calon nasabah untuk menerima pinjaman melalui teknik 5C, antara lain:

  1. Capital

Pihak kreditur akan melakukan analisa terhadap keadaan financial/keuangan nasabah atau calon debitur. Hal ini dilakukan untuk menilai kemampuan calon debitur untuk melunasi seluruh pinjaman.

  1. Capacity

Pihak kreditur akan melakukan pengamatan terhadap data mutasi rekening atau riwayat transaksi yang terjadi dalam sebuah rekening calon debitur. Hal ini dilakukan untuk menilai kapasitas calon debitur yang dapat dilihat dari segi penghasilan yang mencukupi untuk membayar angsuran pinjaman setiap bulan.

  1. Condition

Pihak kreditur akan melakukan pengamatan terhadap kondisi sekitar calon debitur, seperti lokasi tempat tinggal, usaha yang dijalani, aset-aset yang dimiliki, dan sebagainya. Hal ini diperlukan untuk kemudian dilakukan penilaian terhadap kondisi calon debitur apakah sesuai kategori dan layak menerima pinjaman tersebut.

  1. Character

Pihak kreditur akan melakukan wawancara kepada rekan kerja atau tetangga calon debitur untuk mengetahui karakternya untuk kemudian dilakukan penilaian.

  1. Chollateral

Pihak kreditur akan melalukan pengecekan terhadap agunan, meliputi keabsahan dokumen persyaratan sampai kondisi fisik kendaraan yang BPKB-nya akan dijaminkan.

Tersebut  merupakan beberapa kriteria yang biasa digunakan kreditur untuk menganalisa calon debitur terhadap kelayakan mendapatkan pinjaman dana tunai yang dibutuhkan.

Tips pinjaman BPKB motor Anda disetujui

  1. Periksa kendaraan Anda

Sebelum mengajukan pinjaman BPKB motor, pastikan bahwa motor yang BPKB-nya akan Anda gadaikan termasuk dalam jenis dan kriteria yang ditentukan tempat gadai yang akan Anda tuju. Biasanya motor yang berplat hitam dengan masa pakai maksimal 15 tahun yang dapat di gadaikan BPKB-nya. Namun, beberapa perusahaan gadai juga memiliki syarat dan ketentuannya masing-masing untuk jenis kendaraan dan maksimal masa pakai. Ada yang menetapkan minimal keluaran 2010 atau maksimal masa pakai 10 tahun. Oleh karena itu, perhatikan setiap ketentuan dan persyaratan pengajuan pinjaman BPKB motor sesuai tempat gadai yang akan Anda tuju.

  1. Lengkapi ketentuan dan persyaratan pengajuan pinjaman

Memenuhi ketentuan dan persyaratan pengajuan pinjaman adalah hal penting dalam pengajuan berbagai pinjaman. Pastikan semua ketentuan dan persyaratan pengajuan pinjaman telah Anda penuhi, mulai dari ketentuan usia, kewarganegaraan, penghasilan, usaha atau pekerjaan, sampai dengan persyaratan dokumen pengajuan. Isilah semua persyaratan dengan benar dan jujur. Jangan berikan dokumen palsu atau tidak asli karena ini hanya akan merugikan diri Anda sendiri pastinya.

  1. Ikuti segala prosedur yang berlaku dengan benar

Anda harus memahami segala prosedur pengajuan pinjaman dengan baik dan benar. Berikan segala informasi dan persyaratan yang dibutuhkan calon kreditur dengan jelas, benar dan jujur, jangan mengada-ada.

Ikuti segala petunjuk dengan benar, karena pada dasarnya pihak perusahaan tidak akan menyulitkan Anda.

Oleh karena itu, jalinlah kerja sama dan komunikasi dengan baik agar pinjaman BPKB motor Anda disetujui dan segera dilakukan pencairan dana.

Alasan Pinjaman BPKB Motor Ditolak

Jika pengajuan pinjaman BPKB motor Anda ditolak, berarti kriteria Anda tidak termasuk dalam kriteria dan kategori penerima pinjaman yang telah ditetapkan oleh masing-masing perusahaan pergadaian.

Setiap perusahaan memiliki cara tersendiri untuk menentukan kelayakan seorang nasabah untuk mendapatkan pinjaman tersebut.

Kriteria dan analisis dari pihak bank, pegadaian dan lembaga pembiayaan bisa jadi berbeda-beda.

Berikut beberapa hal yang memungkinkan pinjaman BPKB motor Anda ditolak.

  1. Kendaraan Anda tidak sesuai ketentuan

Jika pengajuan pinjaman BPKB motor Anda ditolak, bisa jadi kondisi kendaraan Anda tidak masuk ke kategori jenis dan masa pakai kendaraan yang dapat digadaikan.

Beberapa perusahaan pergadaian, baik bank, pegadaian maupun lembaga pembiayaan masing-masing memiliki ketentuan jenis kendaraan dan maksimal masa pakainya masing-masing.

Biasanya kendaraan bermotor dengan plat hitam dan masa pakai maksimal 15 tahunlah yang BPKB-nya dapat digadaikan.

Namun, beberapa lembaga pembiayaan juga ada yang menentukan persyaratan dengan tahun keluaran kendaraan minimal 2010 atau dengan maksimal masa pakai 10 tahun.

Ada yang menentukan syarat kendaraan dengan merk tertentu dan ada juga yang menerima segala jenis merk kendaraan.

Pastikan kendaraan Anda masuk ke dalam ketentuan yang diterapkan di perusahaan pergadaian yang akan Anda tuju.

  1. Anda tidak memenuhi ketentuan pengajuan pinjaman

Hal kedua yang menyebabkan pinjaman Anda ditolak adalah Anda tidak masuk ke dalam ketentuan calon pemohon.

Ketentuan ini dapat berupa:

Usia calon pemohon

Biasanya hanya orang dengan minimal usia 21 tahun atau sudah menikah yang bisa mengajukan pinjaman BPKB motor dan sejenisnya. Setiap perusahaan pergadaian memiliki ketentuan batas maksimal umur calon pemohon yang berbeda-beda, ada yang menetapkan maksimal 60 tahun pada saat pelunasan, ada juga yang menetapkan maksimal 55 tahun.

Kewarganegaraan calon pemohon

Perlu diperhatikan bahwa tidak semua perusahaan pembiayaan menerima orang dengan kewarganegaraan asing. Kebanyakan dari mereka menentukan orang yang terdaftar sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) yang bisa mengajukan pinjaman.

Besar penghasilan calon pemohon

Biasanya perusahaan pergadaian akan menetapkan besar minimal penghasilan per bulan untuk mengetahui apakah nasabah akan mampu membayar angsuran yang telah ditetapkan pada akhirnya. Beberapa perusahaan pergadaian menetapkan minimal penghasilan per bulan Rp3.000.000 agar pengajuan pinjaman di terima. Namun, beberapa perusahaan pergadaian lain mungkin memiliki kebijakan atau ketentuan yang berbeda.

Persyaratan dokumen tidak lengkap atau terbukti palsu

Jika persyaratan pengajuan pinjaman Anda tidak lengkap dan benar maka ini bisa menjadi alasan kenapa pengajuan pinjaman Anda ditolak. Persyaratan dokumen menjadi salah satu hal penting yang harus Anda perhatikan, karena hal ini akan masuk ke dalam penilaian pihak perusahaan terhadap kelayakan Anda untuk menerima pinjaman tersebut. Oleh karena itu, pastikan Anda telah memenuhi setiap persyaratan yang diperlukan dengan benar dan jujur.

Anda masuk ke daftar hitam atau blacklist Bank Indonesia

Jika Anda mendapat daftar hitam Bank Indonesia maka ini merupakan sebuah bumerang bagi Anda. Hal ini karena beberapa perusahaan pergadaian, khususnya bank akan menjauhi orang-orang yang terkena daftar hitam Bank Indonesia, sehingga kemungkinan besar pengajuan pinjaman Anda tidak akan diterima. Anda perlu memperbaiki BI Checking Anda terlebih dahulu atau carilah lembaga pembiayaan yang tidak mensyaratkan BI Checking sehingga pengajuan pinjaman Anda tetap bisa dipertimbangkan. Bagi Anda yang masih aman dari blacklist Bank Indonesia, bayarlah angsuran dengan tepat waktu dan ajukanlah pinjaman yang benar-benar Anda butuhkan dan sesuai kemampuan Anda untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Resiko Pinjaman BPKB Motor

Jika Anda mengajukan pinjaman BPKB motor di perusahaan pergadaian, baik pemerintah maupun swasta yang telah terdaftar di OJK maka pinjaman Anda akan aman.

Anda harus bisa membayar angsuran per bulan yang telah ditetapkan dengan tepat waktu.

Jika Anda menunggak pembayaran, pihak perusahaan bisa mendatangi rumah Anda untuk melakukan penagihan dengan alamat yang telah Anda berikan sewaktu melakukan pengajuan pinjaman.

Namun, perlu di perhatikan bahwa apabila Anda menunggak membayar angsuran selama jangka waktu yang telah ditentukan atau Anda tidak mampu melunasi pinjaman Anda saat telah jatuh tempo maka pihak perusahaan akan melakukan lelang kendaraan bermotor Anda secara terbuka kepada publik.

Hasil lelang inilah yang kemudian akan melunasi hutang Anda, dan jika mendapat uang kelebihan hasil lelang setelah dipotong jumlah pinjaman ditambah bunga/jasa simpan, biaya untuk melelang, dan biaya menyelamatkan barang, maka uang kelebihan tersebut akan diberikan kepada nasabah.

Oleh karena itu, ajukanlah pinjaman yang benar-benar Anda butuhkan dan sesuai kemampuan Anda.

Pembayaran Pinjaman BPKB Motor

Pinjaman BPKB motor merupakan jenis kredit pinjaman  dimana pembayarannya dilakukan dengan cara mencicil atau membayar angsuran per bulannya.

Pembayaran angsuran ini sudah termasuk angsuran pokok ditambah besar bunganya. Anda harus membayar angsuran tepat waktu sampai pinjaman Anda lunas.

Misalnya, Anda mengajukan pinjaman BPKB motor di pegadaian produk kreasi multiguna dengan bunga flat 1,5% per bulan.

Harga pasar motor Anda adalah Rp10.000.000. Besar plafon pinjaman yang bisa Anda dapatkan adalah 85% dari harga pasar kendaraan Anda.

Maka besar plafon pinjaman yang bisa Anda terima adalah Rp8.500.000. Anda ingin melunasinya dalam jangka waktu 12 bulan. Maka perhitungan besar cicilan yang harus Anda bayar per bulan, adalah sebagai berikut.

Angsuran/bulan = 8.500.000/12 = 708.333

Sewa modal flat/bulan = 1,5% × 8.500.000 =  127.500

Total Angsuran/bulan = 708.333 + 127.5000 = 835.833

Jadi, Anda harus membayar total angsuran sebesar Rp835.000 selama 12 bulan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.